RSS

PAPERCRAFT

07 Apr


ada sebuah komunitas yang memiliki kreatifitas tinggi dalam membuat replika berbahan dasar kertas.

Kesenian ini merupakan pengembangan dari Origami (kesenian melipat kertas dari Jepang). Bedanya, kalau Origami membuat suatu bentuk hanya dengan satu kertas. Namun, paper replika adalah seni merakit kertas dari beberapa lembar kertas (tidak terbatas).

Beragam karya yang dihasilkan…Beragam karya yang dihasilkan…Teknik yang dibutuhkan adalah menggunting, memakai cutter, melipat, membuat kurva, mengelem dan membentuk kertas. Hasil karya yang mereka buatpun sangat beraneka ragam, mulai dari tank, robot, pesawat hingga beragam karakter komik manga.

Menekuni kesenian ini memang tidak semudah yang dibayangkan karena memubutuhkan daya khayal yang tinggi. Selain itu, juga dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

”Kenikmatan menekuni kesenian ini adalah ketika kita berhasil membuat suatu hasil karya, terlebih bentuknya yang sangat sulit.”

dalam paper craft terdapat dua istilah yang biasa di sebut dengan paper toys dan paper model.
Paper Toys adalah sebuah bentuk yang terbuat dari kertas yang ukurannya tidak bergantung pada skala. Ukurannya bebas sesuka kita dan bentuknya pun lucu-lucu.

Replika robot..Replika robot..Sedangkan paper model ukurannya mirip dan malah sesuai dengan skala. Sehingga hasilnya pun sangat mirip aslinya, hanya beda di skala ukuran (paper model tentu ukurannya lebih kecil). Oleh karena itu, pembuatan paper model lebih sulit jika dibandingkan dengan paper toys.

belajar membuat paper replika ini banyak keuntungannya. Karena selain harga pembuatannya lebih murah, kita juga bisa membuat beragam bentuk dan karakter yang disukai “Yang pasti jika kita menggeluti kesenian ini akan memacu kreatifitas kita.”

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat paper replika berikut ini cara membuatnya:

Tentukan model yang akan dibuat. Model didapat dari beberapa sumber seperti majalah, internet, bahkan bisa buat sendiri dari file 3-Dimensi.

Robot…Robot…Setelah mendapat model yang disuka, Print model tersebut di kertas khusus. Anda bisa memakai kertas InkJet Paper 100gr/120gr, Briefcard 160gr atau Jasmine 175gr dan jenis kertas lain.

Setelah diprint, saatnya pemotongan dilakukan. Pemotongan dapat memakai cutter atau gunting, sesuai dengan selera dan objek yang akan dipotong. Jika objek pemotongan terlalu kecil, lebih baik memakai cutter.

Sesaat setelah dipotong, lakukan scoring atau penandaan garis lipatan. Dapat dilakukan dengan pulpen kosong atau garis setengah kekuatan dengan cutter kepada setiap garis lipatan di model kertas.

Kemudian, rakitlah, gabungkan setiap potongan dengan lem sesuai dengan instruksi perakitan atau gambar referensi.

Kemudian, jadi deh paper replika Anda, paper replika ini dapat kamu jadikan kado, souvenir, kenang-kenangan, pajangan, atau bahkan sarana untuk ‘narsis’ kepada lawan jenis alias cewek gebetan. Yups, selamat mencoba…

 
Leave a comment

Posted by on April 7, 2011 in komunitas, papercraft

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: