RSS

PARKOUR

07 Apr

Mungkin anda pernah mendengar kata “Parkour”? Ya, parkour adalah jenis olahraga seni yang mulai diminati dan terus berkembang di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan. Parkour berasal dari kata “parcours du combatant” yang berarti pelatihan halang rintang untuk sesi militer. Kata Parcours “c” diganti menjadi “k” dan “s”nya dipakai untuk menjelaskan filosofi Parkour itu sendiri. “Parkour’s philosophy about efficiency” .

Di Indonesia secara perlahan, beberapa ‘traceur’ yang mengerti akan filosofi dan teknik Parkour mulai bertambah. Berkat pembelajaran mengenai originalitas tentang parkour dari sumber-sumber terpercaya. Di Jakarta ada sebuah komunitas Parkour yang terus berkembang seiring dengan bertambahnya jumlah anggota. Dengan memanfaatkan Gelora Bung Karno sebagai sarana latihannya, saat ini anggota Komunitas Parkour Jakarta tidak hanya pria namun juga ada anggota perempuan sekitar 10 orang.

Anggota Komunitas Parkour Jakarta berasal dari bebagai kalangan masyarakat. Mulai dari karyawan, mahasiswa, anak-anak, hingga ibu rumah tangga. Kegiatan rutin komunitas ini adalah latihan yang diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Ada beberapa jenis latihan yang dilakukan, seperti latihan fisik, dan free jamming.
Latihan fisik ditujukan untuk meningkatkan stamina dan kekuatan dari setiap anggota. Sedangkan free jamming ditujukan untuk melatih kreatifitas dan skill masing-masing individu.

Untuk menjadi bagian dari Komunitas Parkour Jakarta sangatlah mudah, tanpa biaya dan langsung melakukan latihan bersama (Sabtu-Minggu) di Gelora Bung Karno, Senayan. Karena Komunitas Parkour Jakarta mempunyai tujuan dapat memperkuat dan menanamkan rasa solidaritas sesama pecinta parkour di Jakarta untuk dapat melestarikan olah raga ini.

Olahraga Seni moderen ini adalah cara baru untuk beradaptasi dengan lingkungan atau melewati segala macam bentuk ‘obstacles’ yang ada di sekitar kita hanya dengan mengandalkan kekuatan tubuh seutuhnya.

Tujuan dan inti dari olahraga Parkour adalah mampu menghadapi semua rintangan atau ‘obstacles’ di sepanjang ‘track’ yang kita lalui (alam maupun perkotaan), dengan mengunakan beberapa gerakan yang istimewa dan indah dengan cara mengkombinasikan beberapa gerakan yang mengalir dan kontrol yang penuh.
Karena Parkour tidak sebatas melatih fisik. Parkour juga mencerminkan sebuah filosofi moral dengan nilai tersendiri. Parkour adalah sebuah olahraga yang dialiri darah seni. Parkour adalah sebuah olahraga dengan filosofi dan selalu dipakai semua orang setiap hari. Berminat mencoba?

 
1 Comment

Posted by on April 7, 2011 in komunitas, parkuor

 

Tags:

One response to “PARKOUR

  1. cioccolatoquirky

    August 10, 2011 at 5:34 am

    Kyaaaaa foto gue

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: